24 November 2008

MENGHILANGKAN 7 KEBIASAAN BURUK PADA ANJING

Pit Bull merupakan anjing yang mudah sekali dibentuk baik secara mental maupun fisik. Mereka terlahir sebagai anjing yang tangguh, penuh tenaga, dan mencurahkan segala yang dipunyai untuk bekerja dan bermain. Jika kebiasaan buruk yang dipunyai tidak diperbaiki, dia sangat potensial menjurus pada kebiasaan yang tidak menyenangkan. Tetapi dengan memahami cara perlakuan mental dan fisik dari seekor pit bull, anda dapat mengajarinya menjadi anggota keluarga yang berkepribadian baik.
Di bawah ini merupakan beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh seekor pit bull dan tidak disukai oleh banyak orang dan bagaimana merubahnya.

1. Melompat
Pit bull suka melompat pada orang karena itulah cara untuk menunjukkan salam pada sahabatnya. Meskipun melompat merupakan cara alami untuk menunjukkan rasa sayang, anda dapat mengajari pit bull anda untuk lebih sopan dalam ‘mengucapkan hai’. Alternatif yang baik selain melompat adalah duduk, karena anjing tidak dapat melakukan keduanya secara bersamaan. Pertama berikan perintah ‘sit’, kemudian berikan hadiah berupa pujian dan usapan lembut. Dia boleh menyambut anda dan menunjukkan salamnya dalam posisi duduk.
Ketika anda datang, berikan perintah sit. Jika dia tetap melompat, turunkan dia dan jangan sentuh atau katakan apapun padanya sampai dia duduk, kemudian puji dia dan berikan salam. Jika kemudian setelah duduk, dilanjutkannya dengan melompat, kembali keluar dan tutup pintunya. Tunggu sekitar 10 detik, kemudian coba lagi. Jika melompat sudah menjadi kebiasaan, coba buatlah baby gate di pintu anda, jadi ketika anda membuka pintu terluar masih ada penghalang antara anda dan pit bull anda. Suruh pit bull anda duduk sebelum anda membuka baby gate.
Cara lain untuk menghilangkan kebiasaan tersebut adalah mengajari pit bull anda mengejar mainan sebagai bagian dari ritual salam anda. Mulailah dengan meletakkan mainan favoritnya diluar pintu, jadi anda bisa mengambilnya ketika anda datang. Buka pintu, perlihatkan mainannya dan lemparkan menjauhi anda, setelah itu buat anjing mengejarnya. Ketika dia kembali dengan mainannya, puji dan berikan salam anda.
Anda harus konsisten dalam meminta pit bull anda melakukan kebiasaan memberi salam yang benar sebelum anda memberikan perhatian dan usapan. Pastikan semua anggota keluarga dan teman yang berkunjung juga menyadari bahwa mereka harus konsisten dengan cara tersebut, jika tidak pit bull anda mungkin tidak melompat pada anda tetapi tetap memberikan salam pada yang lainnya dengan cara tersebut.

2. Menunggangi
Menunggangi sering diartikan sebagai tawaran seksual, tetapi baik jantan maupun betina juga menunggangi untuk alasan yang berbeda. Beberapa anjing mengungkapkan kegembiraannya dengan menunggangi anjing lain dan beberapa menggunakannya sebagai bayaran atas perilakunya. Ketika seekor anjing digerakkan emosinya dan tidak ada cara penyaluran energinya, kemungkinan secara spontan dia akan menunggangi anjing lain atau juga menunggangi orang.
Menunggangi anjing lain biasanya terjadi ketika anjing tersebut terhasut ataupun tertekan. Terkadang anjing berusaha memulai perkelahian dengan menunggangi anjing lain, meskipun di lain waktu mereka menggunakannya untuk mengajari anjing remaja to cool their jets dan bersikap lebih hormat. Biasanya seekor anjing muda yang sangat lincah setelah ditunggangi oleh anjing dewasa yang lebih tenang, akan menurunkan energinya.
Beberapa pit bull, ketika secara emosional sangat bergembira, akan mencoba menyalurkan kebiasaan menunggangi terhadap orang – terutama dengan anak kecil, tetapi terkadang juga dengan remaja. Sebagai contoh, jika anak kecil berlari, menjerit, bergembira – kemungkinan pit bull akan menunggangi anak tersebut. Dengan mengajari anak tersebut bersikap tenang di dekat pit bull seringkali mencegah anjing tersebut tidak melakukannya.
Melatih pit bull dalam hal menunggangi termasuk juga harus tidak sensitif terhadap anak kecil atau lingkungan yang menekan. Sebagai contoh, ketika seorang anak sedang merangkak dan menjerit, pit bull harus diajari untuk memilih bermain dengan mainannya daripada mendekati anak tersebut. Tetapi patut untuk diingat bahwa ketika pit bull dan anak kecil bermain di tempat yang sama, pengawasan ketat harus dilakukan.
Jika pit bull anda menunggangi anjing lain atau orang lain, jangan berteriak atau menariknya dengan kasar – ini akan meningkatkan gerakannya. Tetap tenang dan letakkan tangan anda diantara dada si penunggang dan yang ditunggangi, kemudian dorong pit bull anda keluar dan alihkan energinya. Berikan padanya perintah yang diketahuinya dengan baik, kemudian berikan padanya hadiah berupa makanan atau mainan. Dengan tenang kalungkan talinya dan jauhkan dia dari keadaan ini, setelah menjauh pindahkan perhatiannya pada anda dengan memberikan perhatian positif dan hadiah.

3. Menggonggong
Semua anjing menggonggong dan dalam jumlah yang masuk akal hal tersebut seharusnya diijinkan, tetapi beberapa anjing melakukannya sampai menjengkelkan. Kebanyakan gonggongan yang berlebihan dilakukan untuk menarik perhatian atau untuk hiburan bagi dirinya. Bagaimana anda mengatasinya bergantung pada apakah yang menyebabkannya melakukan hal tersebut.
Jika pit bull anda menghabiskan sepanjang hari sendirian, menggonggong pada semua hal yang dilihatnya, pindahkan kandangnya. Atau juga pindahkan pit bull tersebut ke tempat atau kompleks yang kurang menyenangkan dilihat dari pandangannya terhadap apapun yang memicunya untuk menggonggong. Menyediakan kegiatan lain selama sehari dapat bisa membantu – menyembunyikan potongan makanan di sekitar area untuk ditemukan atau menyewa pet sitter untuk datang dan memberinya latihan dan perhatian pada siang hari. Untuk menjaga pit bull anda berlatih dengan baik, cobalah bermain dengan bola atau frisbee. Atau jika anda tinggal dekat pantai atau sungai, beberapa pit bull sangat menyukai berenang.
Jika dia menggonggong pada anda atau keluarga anda untuk menarik perhatian, kemungkinan dia menemukan bahwa menggonggong merupakan cara mudah untuk memperoleh perhatian. Jangan hiraukan dia dengan berbalik atau dengan tenang berjalan pergi ketika dia menggonggongi anda, ketika sudah tenang berikan hadiah padanya berupa perhatian.

4. Menggali
Anjing menggali untuk latihan dan hiburan, jadi jika pit bull anda menggali halaman anda ketika anda pergi, mungkin disebabkan rasa jenuh.cobalah berikan padanya daerah yang diijinkan untuk digali, dengan cara anda mulai menggali dengan sekop di tempat yang tidak akan menjadi masalah. Kuburkan beberapa makanan atau mainan di dalam lubang yang baru digali dan buatlah supaya pit bull anda mau menggali di tempat tersebut.
Jika anda membuat arena penggalian cukup menarik, dengan secara teratur menyembunyikan makanan atau mainan di sana, pit bull anda akan konsentrasi untuk mencurahkan seluruh upaya penggalian di tempat tersebut dan kebiasaan menggali di tempat lain akan hilang. Pit bull juga menggali untuk memperoleh tempat yang nyaman untuk bersantai, jadi carilah tempat yang boleh untuk digali di tempat teduh dimana tanahnya tetap dingin.
Isi seluruh lubang di daerah yang tidak boleh digali dan padatkan dengan baik. Jika pit bull anda kembali dan menggalinya kembali, isi kembali, tetapi kali ini dilapisi dengan kotoran anjing di dekat lapisan atas, ditutupi tanah beberapa inchi. Lain kali ketika pit bull anda mencoba menggali di tempat itu, dia akan menemukan bahwa lubangnya telah ‘rusak’ dan dia menyerah.
Beberapa anjing menggali untuk menemukan liang tikus dimana mereka dapat mencium baunya dan mendengar gerakannya di bawah tanah. Cara terbaik untuk menghentikan perburuannya adalah dengan mengundang pembasmi tikus untuk membersihkan halaman anda dari binatang tersebut. Pastikan pembasmi menggunakan obat pembasmi yang aman untuk anjing pada umpan perangkapnya dan ungsikan pit bull di tempat yang aman sampai umpan disingkirkan.



5. Penjaga makanan
Beberapa anak anjing akan menggeram atau menggigit ketika seseorang menyingkirkan makanan atau tulangnya. Ajari anak anjing anda untuk tidak perlu menjaga makanannya by demonstrating people are food-bringers, not food-takers. Tips latihan di bawah ini akan membantu pit bull anda mempelajari hal ini. Ajarkan setiap langkah, pastikan pit bull anda terbiasa dengan setiap langkahnya sebelum melangkah ke langkah berikutnya.
 berikan makanan kecil dengan tangan setiap hari. Mintalah juga anggota keluarga dan teman anda melakukannya juga
 Berikan sebagian dari makan malam anak anjing dengan tangan setiap hari selam seminggu
 Sementara anak anjing anda makan, letakkan tangan anda di tempat makannya dan tawarkan makanan dari telapak tangan anda
 Pindahkan tempat makanannya sementara ketika dia makan, tambahkan sedikit snack yang enak dan berikan padanya kembali
Langkah-langkah latihan ini untuk anak anjing yang belum mulai menjaga makanannya atau anakan yang baru berusaha menjaga makanannya. Jika kebiasaan menjaga makanan ini sudah terbentuk, carilah bantuan pelatih profesional.

6. Melarikan diri
Kandang ataupun halaman dapat digunakan untuk membatasi pit bull anda selama anda pergi, tetapi jangan tinggalkan dia disana seharian. Pit bull adalah anjing yang menyukai manusia yang berkembang karena interaksi dan perhatian, jadi pitbull anda harus menghabiskan sebanyak mungkin waktunya di rumah dengan anda. Pitbull membutuhkan tantangan secara fisik dan mental, jika tidak dia akan menjadi bosan, putus asa dan antsy.
Beberapa pitbull ketika ditinggalkan sendirian, akan menghibur dirinya dengan mencoba jalan untuk keluar dari halaman atau tempat yang tidak menarik tersebut. Obat untuk mengatasi kebosanan bagi yang suka melarikan diri adalah membuat tempat atau kandangnya lebih menarik dengan mainan yang interactive, tempat untuk menggali atau kegiatan lain yang membuatnya tetap tinggal. Jika ini tidak memuaskan keinginan pit bull anda untuk melarikan diri, carilah seseorang yang dapat memberikan latihan dan perhatian selama anda pergi.
Untuk pit bull yang telah menjadikan melarikan diri sebagai kebiasaan, bagaimanapun caranya anda harus membuat tempatnya tidak bisa digunakan untuk melarikan diri. Terkadang penyelesaiannya hanya dengan meninggikan pagar atau memindahkan barang yang mungkin digunakan untuk tempat panjatan untuk melompat pagar oleh anjing tersebut. Lain waktu, anda harus melakukan perbaikan dengan lebih teliti. Untuk pit bull yang suka melompat atau memanjat, bagian atas kandang harus ditutup.

7. Mengunyah
Mengunyah merupakan kebiasaan yang normal dan penting bagi pit bull, khususnya bagi anakan dan remaja dimana rahang dan giginya masih berkembang. Hal ini bisa menjadi masalah, jika pit bull anda mulai terbiasa mengunyah barang-barang milik anda. Sediakan selalu mainan yang bisa dikunyah, jadi pit bull anda tidak mencari barang lainnya untuk hiburan ataupun latihan rahang.
Jika pit bull anda suka mengunyah ketika anda sedang tidak di rumah, cobalah berikan makanannya bersama dengan mainannya tidak di dalam mangkuk. Berikan makanan dan mainannya sebelum anda pergi, dan sembunyikan yang lainnya dimana pit bull anda dapat menemukannya ketika anda tidak ada. Hal ini akan membuat pit bull anda sibuk dan puas menggerogoti mainannya sehingga bisa mengurangi mengunyah barang milik anda ketika anda pergi.