24 November 2008

PERAWATAN GIGI DAN GUSI


SEMUA ANJING BUTUH MENGUNYAH

Anak anjing maupun anjing muda membutuhkan sesuatu yang padat untuk dikunyah selagi gigi dan rahangnya berkembang – untuk memotong gigi bayi, merangsang pertumbuhan gigi permanen setelah gigi bayi, membuang gigi bayi pada waktunya, untuk membantu gigi permanen menembus gusi, untuk menjamin pertumbuhan rahang secara normal dan penempatan gigi permanen secara kuat pada rahang.
Keinginan anjing dewasa untuk mengunyah batang kayu merupakan naluri untuk membersihkan gigi, memijat gusi, dan melatih rahang – juga kebutuhan untuk melepaskan ketegangan …. Pembawa perdamaian seperti yang anda inginkan.
Gigi berlubang, seperti yang terjadi pada manusia, sebenarnya tidak dikenal pada anjing; tetapi karang gigi (kalkulus) bertumpuk pada gigi, khususnya pada garis gusi, lebih cepat daripada pada gigi manusia. Penumpukan ini, jika tidak dihilangkan, membuat irirtasi dan kemudian infeksi, yang mengikis lapisan keras pada gigi (lapisan email) dan pada akhirnya menghancurkan akar gigi. Oleh sebab itu penting membawa anjing anda ke ahli medis secara periodik untuk diperiksa.
Pertumbuhan gigi dan rahang akan terus berlangsung sampai usia anjing lebih dari satu tahun – terkadang lebih lama, tergantung pada masing-masing anjing, latihan menggigitnya, jumlah penggunaan kalsium dan banyak faktor lainnya, yang diketahui dan tidak diketahui, yang dapat berpengaruh pada perkembangan masing-masing anjing. Penyakit, contohnya distemper, terkadang menahan perkembangan gigi dan rahang, dan baru berlanjut setelah beberapa bulan atau bahkan beberapa tahun kemudian.
Itulah sebabnya mengapa anjing khususnya yang masih muda sering merusakkan barang-barang di rumah ketika naluri mengunyah tidak disalurkan oleh pemiliknya, khususnya selama periode kritis pada anjing muda. Selamatkan barang-barang milik anda, dengan tetap memperhatikan perkembangan gigi dan gusi secara tepat, sediakan sikat gigi dan pijat gusi, and channeling doggie tension into a non-destructive outlet are, karena itu, semua tergantung apakah anjing mempunyai sesuatu yang isa dikunyah dan ada saat dibutuhkan ketika naluri untuk mengunyah muncul. Jika tujuan anda, and those of your dog, are to be accomplished, yang harus disediakan untuk dikunyah harus sesuatu yang diinginkan dan terlihat dari pandangan, mempunyai kualitas fungsi yang dibutuhkan, dan diatas semuanya, harus aman.
Sangat penting untuk melarang anjing untuk mengunyah sesuatu yang dapat mereka rusakkan menjadi serpihan tajam dan tidak dapat dicerna. Pecahan tajam yang tertelan, seperti tulang yang telah diremukkan oleh anjing, mungkin melukai dinding usus dan dapat membunuh. Sesuatu yang tidak dapat dicerna yang bisa digigit menjadi potongan dan tertelan, seperti mainan dari karet campuran atau bahan plastik murah, dapat menyebabkan fungsi usus berhenti; jika tidak dimuntahkan, dapat menyebabkan kematina kecuali dilakukan pembedahan.


NATURAL CHEW BONES

Tulang alami yang kuat, seperti tulang kaki sapi dewasa – yang bisa anda beli pasar – dapat memenuhi kebutuhan gigi anjing anda, jika mulutnya cukup besar untuk membawanya.
Anda mungkin tergoda untuk memberikan anak anjing anda tulang yang lebih kecil dan dia mungkin tidak dapat memecahkannya ketika diberikan, tetapi anak anjing berkembang sangat cepat dan kekuatan rahangnya terus bertambah sampai dewasa. Ini berarti anjing yang dalam pertumbuhan tersebut pada suatu waktu dapat memecahkan tulang kecil tersebut, menelannya dan mati dengan kesakitan sebelum anda menyadari apa yang terjadi.
Semua tulang yang alami higly abrasive. Jika anjing anda pengunyah aktif, tulang alami dapat menanggalkan gigi sebelum waktunya; karena itu, jika dia selesai mengunyah, ambil dari anjing anda. ….(pg. 140)


PENTINGNYA TINDAKAN PENCEGAHAN

Daripada mengalami masalah akar gigi, penting bagi pemilik bahwa tidak kurang dari 75 % dari masalah kesehatan gigi membutuhkan penanganan medis, dan hampir 98 % dari kasus gigi tanggal merupakan tanda menuju ke penyakit yang berhubungan dengan gigi (periodontal disease). Periodontal disease tidak hanya merusak gigi tetapi juga gusi dan buccal tissue lain pada mulut. Beberapa kasus penyakit yang berhubungan dengan gigi menyebabkan bakteri yang bisa diseram dalam peredaran darah dan menyebabkan kerusakan permanen pada hati dan ginjal. Dalam mulut yang terinfeksi, gigi menjadi longgar; karang gigi, kekuningan dan bau mulut, bertumpuk menjadi berat; dan karena itu anjing jadi kehilangan selera makan.