11 November 2008

EXPLORING PITBULL CLUB


Exploring Pitbull Club didirikan tahun 2004 di Jogjakarta. Berawal dari pertimbangan bahwa masih sedikitnya wadah yang dapat mengakomodasi kegiatan - kegiatan untuk anjing dan masih sedikitnya orang yang bisa memahami ras American Pitbull Terrier bahkan yang lebih mengenaskan lagi banyak orang mengklaim ras ini sebagai anjing buas yang tidak layak di jadikan hewan peliharaan. Dengan latar belakang tersebut beberapa orang di Jogjakarta yang perduli dengan ras ini mulai berkumpul, melakukan kegiatan bersama dan saling tukar informasi seputar Pitbull. Dari beberapa kali pertemuan informal tersebut, muncul ide gagasan untuk membentuk suatu wadah yang dapat mengembangkan dan mengakomodir semua kelebihan yang di miliki Pitbull dan meng – explore (memaksimalkan) kelebihan yang di miliki seekor Pitbull secara maksimal dan tentunya kearah yang positif . Pada tanggal 30 November 2004 secara resmi Exploring Pitbull Club mulai berdiri. Anggotanya terdiri dari mereka yang mempunyai anjing ras Pitbull baik itu yang memiliki silsilah (stamboom) maupun yang bukan (non-stamboom), juga mereka yang tidak memiliki anjing jenis ini tetapi sangat perhatian terhadap perkembangan ras ini.

Tujuan dasar berdirinya Exploring Pitbull Club

1. Meng –Explore bakat yang di miliki oleh ‘Pitbull’ atau memunculkan karakteristik yang di miliki oleh ras ‘Pitbull’ yaitu Ketangguhan Stamina, Gameness yang tiada duanya, dan tempramen yang stabil (easy going)
2. Meningkatkan hubungan ‘Pitbull’ dan pemilik sehingga karakteristik ke –3 terpenuhi.
3. Menggali kegiatan –kegiatan lain yang layak di peruntukan bagi ‘Pitbull sehingga karakteristik yang lain terpenuhi ( stamina dan gameness)
4. Mengingatkan kembali aturan emas bagi pemilik ‘Pitbull’….Never trust your Pitbull not to fight…..”Jangan pernah percaya bahwa pitbull anda tidak mungkin berkelahi”. Karena pada dasarnya Pitbull adalah anjing petarung.
5. Men –sosialisaikan ‘Pitbull’ dengan benar sehingga tidak terdengar seekor ‘Pitbull’ agresif terhadap manusia.

Berbagai tujuan diatas adalah menjadi acuan untuk me - wadahi kebutuhan pemilik ‘Pitbull’ dan terutama untuk ‘Pitbull’ itu sendiri. Atas dasar tersebut diatas maka

Exploring Pitbull Club di bentuk, dengan harapan club ini bisa menggali setiap sisi dari ‘Pitbull’ kearah yang positif dan berdaya guna baik untuk pemilik, masyarakat dan “Pitbull’ itu sendiri.